Jumat, 05 Desember 2014

toilet umum


Toilet

Banyak tempat umum seperti terminal, stasiun, bandara dan lain-lain pasti menyediakan fasilitas  toilet. Toilet merupan fasilitas yang dimiliki oleh semua lembaga, baik lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Rumah makan atau restoran pun biasanya menyediakan fasilitas toilet bagi para pengunjungnya. SPBU(stasiun pengisian bahan bakar umum) pasti menyediakan toilet untuk digunakan pengguna SPBU tersebut. Banyak SPBU di Jawa menyediakan tempat istirahat bagai para pengemudi, baik pengemudi truk barang maupun pengemudi mobil pribadi. Mereka dapat bersitirahat sejenak, melakukan buang air kecil, buang air besar, mandi, dan shalat di mushalla yang tersedia. Para pemudik lebaran biasanya memanfaatkan fasilitas toilet dll yang ada di SPBU. Toilet pada gambar di bawah ini adalah sebuah toilet duduk yang pernah saya gunakan. Bukan untuk BAB tetapi BAK.  Ruang toilet ini juga difungsikan sebagai gudang menyimpan sapu, cairan pembersih, dan ember. Saya tidak dapat membayangkan mengapa toilet ini harus memakai toilet duduk. Apakah para pengguna cukup nyaman untuk buang air, terutama buang air besar di toliet ini dengan cara duduk? Bagimana kalau jongkok? Sepertinya repot sekali. Kalau hanya sekadar buang air kecil boleh jadi tidak begitu masalah. 
petunjuk pemakaian toilet duduk

Setahu saya, toilet duduk semcam ini memerlukan perawatan yang berbeda dengan toilet jongkok. Setahu saya toilet jongkok bukan menggunakan air untuk membersihkan bekas kotoran di tubuh pengguna toilet. Lihatlah misalnya toilet duduk yang ada di hotel, terutama hotel berbintang. Toilet duduk tidak mengarahkan penggunanya untuk cebok memakai air, tetapi cukup cebok menggunakan tisu yang disediakan di situ. Toilet duduk seperti ini juga, terutama di hotel, digunakan untuk buang air besar. Bagi pengguna yang hendak buang air kecil (bagi pria) dapat memakai toilet berdiri (urinor). Toilet duduk juga bukan untuk dibasahi, terutama bibir untuk duduk. Tingkat kebersihannya juga harus terjamin. Oleh karena itu hanya hotel berbintang saja yang layak menyediakan fasilitas toilet duduk.  Petugas pembersih juga setiap saat siap untuk membersihkan apabila lantai sekitar toilet tampak kotor atau ada air yang menetes di lantai sekitar toilet.

Ada pusat perbelanjaan yang menyediakan fasilitas toilet duduk dengan fasilitas kebersihan yang sangat terjamin. Rupanya pengelola gedung yang bertanggung jawab dan meyediakan fasilitas, salha satunya, toilet. Petugas kebersihan selalu siaga di depan pintu masuk toilet. Petugas ini biasanya seperti menjadi pemandu juga bagi para pengguna toilet tersebut. Kualitas kebersihan dan pelayanan benar-benar seperti toilet umum di hotel berbintang. Setiap ada pengguna toilet selesai menggunakan toilet, maka petugas kebersihan akan segera masuk dan mengecek lantai yang basah atau kotor akibat alas kaki para pengguna dan segera membersihkannya. Tingkat dan pelayanan kebersihan benar-benar terjaga. 
Toilet duduk di sini dilengkapi dengan tisue untuk digunakan pengguna membersihkan bekas buang air besar. Air hanya digunakan untuk menggelontor kotoran tinja dengan cara memencet tombol pada toilet duduk tersebut. Pengguna juga tidak merasa jijik untuk buang air dengan cara duduk, karena bibir toilet duduk itu juga kelihatan sangat bersih dan kering tanpa ada percikan air. Memang bagi orang yang terbiasa cebok menggunakan air akan terasa risih dan jijik. Tetapi rasa risih dan jijik justru jika kita memakai toilet duduk yang kebersihannya sangat tidak terjamin. 


toilet

Tidak ada komentar:

Sertifikat Kegiatan Akademik

 Sertifikat Kegiatan 2021 1). Peserta Webinar Meodologi Pembelajaran Bahasa Terkini (Effective Online Assessment in Language Learning), 18-1...