Rabu, 18 Juni 2014

cara penulisan kutipan

PENULISAN KUTIPAN

Majid Wajdi
Politeknik Negeri Bali

1.     Kutipan Langsung yang tidak Lebih dari Empat Baris
Sebuah kutipan langsung yang panjangnya tidak lebih dari empat baris akan dimasukkan dalam teks dengan cara-cara sebagai berikut.
1)    Kutipan itu diintegrasikan langsung dengan teks :
2)    Jarak antarbaris dua spasi :
3)    Kutipan itu diapit dengan tanda kutip:
4)    Sesudah kutipan selesai dalam kurung ditempatkan nama singkat pengarang, tahun terbit buku, dan nomor halaman tempat terdapat kutipan itu.

2.     Kutipan Langsung yang Lebih dari Empat Baris
Sebuah kutipan langsung yang lebih dari empat baris diperlukan sebagai berikut:
1)    Kutipan itu dipisahkan dari teks penulis dua spasi ke bawah:
2)    Jarak antarbaris satu spasi:
3)    Kutipan itu boleh atau tidak diapit dengan tanda kutip :
4)    Seluruh kutipan itu dimasukkan ke dalan lima hentakkan.

3.      Kutipan tidak Langsung 
Dalam kutipan tidak langsung biasanya inti atau sari pendapat itu yang dikemukakan. Oleh karena itu, kutipan itu tidak perlu mempergunakan tanda kutip. Beberapa criteria yang perlu diperhatikan dalam kutipan tidak langsung:
1)    Kutipan itu tidak langsung:
2)    Jarak antarbaris dua spasi:
3)    Kutipan itu tidak diapit dengan tanda kutip:
Dalam kurung ditempatkan nama singkat pengarang tahun terbit, dan nomor halaman tempat terdapat kutipan itu.

CONTOH-CONTOH KUTIPAN

Kutipan langsung yang dimulai dari nama pengarang dituliskan sebelum bunyi kutipan
            Dalam hal ini, Suhadi (1952: 34) mengatakan bahwa “pengasapan ikan dengan menaikkan suhu semaksimal mungkin akan mendapatkan ikan yang lebih enak rasanya, selain itu, waktu juga bisa dihemat”.

Kutipan langsung yang nama pengarangnya dicantumkan setelah bunyi kutipan  
           Dewasa ini banyak menggunakan kata-kata penghalus atau eufemisme. “Eufemisme berasal dari kata Yunani “Euphemizien” yang berarti menggunakan kata-kata dengan arti baik atau dengan tujuan baik” (Keraf, 1998: 110).

Kutipan langsung lebih dari empat baris 
      Ternyata, ular itu banyak sekali jenisnya serta memiliki cirri yang bermacam-macam, seperti dikatakan oleh Suhono (1985: 43) sebagai berikut: Di Pulau Jawa dikenal 110 jenis ular, baik yang berbisa maupun tidak berbisa. Ular berbisa dengan taring di muka berjumlah 30 jenis, 18 jenis di antaranya terdiri atas ular-ular laut. Hingga kini didapatkan 12 jenis ular berbisa yang hidup di darat. Ke-12 jenis ular berbisa yang hidup di darat Pulau Jawa ini 4 jenis ular termasuk dalam keluarga viperidae dan 8 jenis ular termasuk ke dalam keluarga elapidae. Ular-ular lainnya (80 jenis) termasuk ular-ular yang tidak berbisa.

Kutipan tidak langsung
           Dewasa ini banyak orang menggunakan kata-kata penghalus atau eufemisme. Eufemisme berarti menggunakan kata-kata dengan arti baik atau dengan tujuan baik (Keraf, 1998: 110).

Kutipan tanpa nama pengarang
Sinonim adalah dua kata atau lebih yang pada asasnya mempunyai makna yang sama, tetapi berlainan bentuk luarnya (Pusat Bahasa, 1980 : 64).

Kutipan dalam kutipan
            Menurut Sabarti,  yang dikutip oleh Bawa (1981: 79), kalimat efektif ialah kalimat yang benar dan jelas dengan akan mudah dipahami orang lain secara tepat.

atau
            Kalimat efektif adalah kalimat yang benar dan jelas akan dengan mudah dipahami orang secara cepat (Bawa, 1981: 79).

Kutipan nama pengarang terdiri atas dua orang
            Selanjutnya, Ean dan Fauzi (1970: 18) mengatakan bahwa tenaga mesin itu dapat mengatasi sekian tenaga manusia. Oleh sebab itu, masalahg ketenagakerjaan menjadi masalah yang serius pula.

Kutipan nama pengarang lebih dari dua orang
            Jika dirumuskan bagaimana hubungan arsitektur dan arsitek, Sulardo dkk. (1982: 10—11) mengatakan bahwa arsitektur adalah perpaduan ilmu dan seni, sedangkan arsitek adalah orang yang menciptakan ruang sehingga melahirkan bentuk-bentuk arsitektur yang beraneka ragam.

Kutipan lebih dari satu rujukan membicarakan hal yang sama  
            Untuk menciptakan bentuk yang harmonis dan estetis, diperlukan unsur-unsur yang menjadi penunjang bentuk-bentuk arsitektur (Ali, 1984: 6; Gani, 1985: 17; Wawan, 1986: 54).

Kutipan tahun terbit buku yang sama sedangkan judul buku berbeda dalam pengarang yang sama
            Pada umumnya kata pertama-tama dibedakan atas makna yang bersifat denotatif dan makna yang bersifat konotatif (Keraf, 1983a: 27). Untuk mengetahui sejarah suatu perguruan tinggi biasa dipakai bentuk tulisan narasi. Narasi ialah suatu bentuk wacana yang berusaha mengisahkan kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat atau mengalami peristiwa itu (Keraf 1983b: 136).

Kutipan dan sumber koran tanpa nama penulis 
            Tahun 1961, Nikita Kruschchev “memotong uang” (senering) dari 10 menjadi satu rubel kebijaksanaan yang ditentang sebagian besar masyarakat bisnis (Kompas, 19 Agustus 1998). Pada era sekarang akan banyak perusahaan gulung tikar, proyek terbengkalai, dan karyawan banyak yang di-PHK (Mulya dalam Kompas, 19 Agustus 1998).

PENULISAN KUTIPAN

Tidak ada komentar:

Sertifikat Kegiatan Akademik

 Sertifikat Kegiatan 2021 1). Peserta Webinar Meodologi Pembelajaran Bahasa Terkini (Effective Online Assessment in Language Learning), 18-1...